melewati rel

Rel kereta menjadi tak bermakna saat puluhan, ratusan, bahkan ribuan kali, kaki menjejak di atasnya. Sebuah pengalaman yang tanpa arti. Rutinitas berulang, yang tanpa henti, meninju2 pada kesadaran yang kian hari kian melemah pada rel kereta ini. Dan saat kebermaknaan hilang, seakan sekumpulan perampok telah merampas arti itu. Sebuah kehilangan yang tak kita sadari, tercerabut begitu saja. Menguap, entah. Perampok-perampok itu begitu pintar ternyata. Merampas melewati kesenyapan sehari-hari yang kita lalui. Kesenyapan dari setiap detik yang tidak kita mengerti dari keseharian yang berjalan begitu saja. Suatu ketika saat kesadaran itu datang, kita tidak lagi ingat, bahwa rel itu dahulu menjadi sandingan keseharian kita. Sandingan yang tersingkir, dari jejak perjalanan kita.

Ini adalah rel-rel di Kampung Bandan, di Jakarta Kota. Manusia melewatinya, pagi, siang, malam. Batas-batas antara kehidupan pribadinya, yg begitu senyap, dengan hiruk pikuk kota yang begitu bising. Seakan inilah batas imajiner yang muncul, setelah kita berusaha melewatinya. Saat kaki terangkat, saat balok-balok beton terinjak, saat batang2 besi dengan terjinjit2 kita lampaui, batas ini muncul. Begitu mengagetkan memang, saat batas ini muncul di luar kesadaran keseharian kita.

Bila batas-batas imajiner itu datang, apakah mungkin mereka dapat bedakan antara kebisingan dan kesenyapan itu dengan segera ? Antara duniaku dan bukan duniaku. Antara diriku dan hiruk pikuk bising di sana ? Mungkin suatu saat aku merasakan sebuah batas, dan satu sisi pula, aku tidak merasakannya. Pengalaman kesadaran, antara ya dan tidak.

Advertisements

About urbantrain
Capturing Jakarta city-Indonesia with my analog photo. Enjoy it.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: