Kebon Kacang sampai Tanah Abang (2)

Memasuki kepadatan perumahan dan melihat ke atas, sulur-sulur kabel PLN selalu menarik perhatian saya. Sulur-sulur menjadi ornamen lain dari background langit yang semula adalah monoton dari warna biru atau putih awan. Sekarang, larik2 hitam, sulur-sulur kabel PLN menjadi variasi dari kemonotonan itu. Menjadi noktah-noktah bergaris silang menyilang, mencoret-coret kekakuan latar yang datar.

Seakan gambaran alam yang di identikan gambaran langit, ternodai secara apik oleh gambaran olah manusia, yaitu sulur2 kabel PLN. Olah kerja manusia, yang tidak beraturan, seolah menjadi gambaran kerja alam yang perlahan kemudian bertambah terus bertambah tanpa sebuah perencanaan. Gambaran silang menyilang, tak beraturan, menjadi bukan lagi identik olah manusia, sekarang menjadi gambaran kerja alam.

Modernitas mungkin awal dari gambaran ini. Bagaimana listrik di temukan, menjadi kebutuhan, dan sulur2 kabel PLN ini kemudian di tarik menjadi media untuk menyalurkan energi kebutuhan tersebut. Maka manusia secara tidak langsung ikut mempengaruhi alam. Alam di rekayasa, alam di eksplorasi, eksploitasi, dan alam memperlihatkan penampakkannya dari singgungan dengan manusia tsb. Semakin bertumbuhnya masyarakat, penambahan jumlah penduduk, alam ikut pula berubah. Dan mungkin tanpa manusia pun, alam akan berubah. Hanya perubahan yang saya gambarkan ini adalah gambaran resultansi dari singgungan ini. Dan saya melihat singgungan ini, saat memandang langit saat siang ke Tanah Abang.

-alan-

Advertisements

About urbantrain
Capturing Jakarta city-Indonesia with my analog photo. Enjoy it.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: