perspektif lain Pasar Minggu

Melihat sudut lain dari Pasar Minggu hingga Pejaten dari bus metromini yang saya tumpangi. Sudut yang memberikan sebuah penglihatan yang sama, hal-hal biasa, dengan suatu perspektif yang berbeda. Bagaimana si pemotret lebih tinggi dari objek yang di potret. Terkadang metromini yang melaju kencang, membuat tangkapan objek oleh kamera menjadi kabur. Dimana jarak antara kamera dan objek, seakan di batasi oleh dinding kaca bus yang memberikan tatanan fokus sendiri yang berbeda. Batas pandang pun tidak hanya di batasi oleh viewfinder kamera, tetapi juga oleh badan bus yang tidak serta merta memberikan kebebasan lebih.

Tetapi bagi saya ini adalah cara memotret yang mengasyikkan. Ketika apa yang ada di depan adalah sebuah lalu lintas objek yang tak terkendali. Kita hanya memastikan dalam sepersekian detik bahwa itu adalah moment yang patut kita abadikan. Saat akan di eksekusi, sepersekian detik kita mempertimbangkan kembali apakah memang sudah pas frame yang ingin di ambil ? Begitu terbatas sudut pandang, dengan kecepatan bus yang tidak melulu konstan, dan tabir kaca bus yang memberikan hasil fokus yang berbeda.

Satu hal yang saya ambil dari beberapa kali memotret di dalam bus adalah, kesempatan kita untuk mengekspresikan ketidakinginan kita. Menurutku ini adalah sebuah keberanian untuk tetap memencet tuts shutter, meskipun kita tahu moment itu bukanlah terbaik yang kita inginkan. Suatu hal yang baru, terus dan terus di eksplore. Dan sepertinya saya mendapatkan sebuah hal baru yang begitu menarik dan memukau setelah hasilnya saya dapatkan.

Advertisements

About urbantrain
Capturing Jakarta city-Indonesia with my analog photo. Enjoy it.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: