melintas kali Pasar Minggu

Saya menyempatkan untuk mencapture salah satu sungai yang mengalir di daerah Pasar Minggu. Sungai kecil mengalir diantara perkampungan padat di kanan kirinya. Dan terlihat antara sungai dan perkampungan padat ini tidak tampak adanya tanggul yang bisa menahan air apabila meluap. Begitu mengkhawatirkan memang. Karena sungai2 di Jakarta ini tidak akan pernah terlepas dari luapan yang setiap saat bisa mengancam warganya sebagai banjir.

Yang mungkin tampak beda dari kondisi sungai ini di banding beberapa tahun yang lalu adalah mengenai sampah. Saat saya memotret sungai ini, jarang saya temui sampah berceceran di baik di pinggir maupun di dalam sungai. Menurutku ini adalah sebuah perkembangan yang baik. Di samping itu, kiri kanan sungai terlihat rapi. Tertata dengan variasi taman2 kecil dan jalan2 tikus untuk para penjalan kaki yang ingin melintas. Hanya mungkin bau air sungai yang terkadang masih tidak sedap. Tingginya pencemaran karena limbah rumah tangga, atau limbah pabrik menjadi salah satu penyebabnya. Mengabaikan hal yang terakhir itu, saya sendiri masih dapat menikmatinya sebagai salah perjalanan piknik sungai yang begitu menyenangkan.

Ada baiknya memang, mencoba melihat sungai di ruas2 lainnya. Sehingga nantinya tampak sebuah gambaran umum bagaimana kondisi sungai si Jakarta ini. Semoga saya bisa merealisasikannya di lain waktu.

Advertisements

About urbantrain
Capturing Jakarta city-Indonesia with my analog photo. Enjoy it.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: