9 Gereja – Jakarta (8)

Ini adalah gereja terakhir dari penziarahan kami. Gereja yang lumayan jauh, karena berada di daerah selatan. Gereja keluarga kudus, Pasar Minggu.

Perjalanan kami ke gereja ini di selingi dengan hujan yang turun begitu derasnya. Saking derasnya, jarak pandang mulai berkurang hingga cuma antara 5-10 meter saja. Dan yang pasti, air mulai naik, menyebabkan banjir lokal di jalanan. Tetapi untunglah kami bisa melaluinya, dan selamat hingga sampai tujuan. Saat kami sampai, hujan sudah berhenti. Hanya suasana masih terasa gelap, karena mendung masih menyelimuti di sekitaran kami. Lantai masih basah, dan musti berhati-hati karena licin. Jangan sampai jatuh.

Seperti gereja di Blok-B, gua Maria ini masih tergolong baru pembangunannya. Karena dulu masih berada di dalam gereja. Kemudian dengan bertambahnya umat, dan kebutuhan untuk suasana yang lebih lapang untuk berdoa, maka di bangunlah gua Maria ini di luar gedung gereja. Sekarang ruang untuk berdoa menjadi lebih lebar. Para peziarah, dan umat pendoa dapat lebih merasakan ruang yang lebih lapang, teduh, damai dengan ketenangannya.

Dan memang, bagi saya sendiri gereja Pasar Minggu adalah gereja yang begitu tenang. Meskipun berada di daerah Pasar Minggu yang ramai, dan bising. Gereja ini seperti oase di padang gurun kebisingan yang luas. Saya terkadang begitu aneh merasakan hal ini. Seperti sebuah filter yang mampu menyaring dengung keresahan di luar. Diantara pepohonan rindang yang memberikan keteduhan, saya dapat merasakan ketenangan yang begitu dalam di sini.

Inilah sedikit foto2 di gua Maria Keluarga Kudus, Pasar Minggu.

Advertisements

About urbantrain
Capturing Jakarta city-Indonesia with my analog photo. Enjoy it.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: