9 Gereja – Jakarta (6)

Ini adalah gereja Paroki saya di sekitar tahun 2002-2003. Tahun perjuangan awal saat mencari pekerjaan setelah lulus dari kampus, dan kemudian awal menjalani pekerjaan pertama saya. Saat masih tinggal di daerah Kayu Manis, Matraman. Itulah gereja Santo Yoseph Matraman. Apabila anda ingin berjalan2 sebentar di sekitaran gereja ini, maka akan anda temui perkampungan padat Kayu Manis yang berada di belakang gereja. Perkampungan padat, dengan jalan2 tikusnya. Berjejal manusia, yang tinggal di rumah2 sempit dengan sanak kerabat dan keluarga2 mereka. Bising kendaraan yang begitu memekakkan telingga saat laju kendaraan di gas tanpa kendali. Dan knalpot yang di variasi sehingga bunyi yang keluar memekakkan telingga. Daerah yang begitu pekat dengan distribusi obat2an narkoba, para penganggur yang luntang-lantung di kesehariaannya, antara tempat mesum dan tempat ibadah berjejer saling menghormati, dan beragam keseharian manusia yang begitu ramai mulai dari pagi sampai malam.

Warna gereja yang coklat, seakan menyimbolkan kedekatannya dengan manusia yang buram. Saat kami datang, masih terlihat ceceran sampah di sekeliling area gereja setelah misa. Banyak pedagang makanan yang menjajakan dagangan mereka di depan gereja. Sehingga ceceran2 sampah menjadi pemandangan biasa setelah misa. Dan kami menuju ke gua Maria yang berada tempat di samping gereja. Area gua Maria ini tidak begitu luas, karena seakan menjadi kesatuan dengan gedung gereja, dan ruang kesekretariatan.

Salah satu yang unik dari gua Maria ini adalah adanya sirkulasi air di dalamnya. Sehingga gemericik air dapat kami dengarkan saat khusuk melakukan doa. Inilah yang menjadi perbedaan dengan gua-gua Maria yang lain. Mungkin dengan gemericik air ini, dapat memberikan ketenangan suasana alam bagi yang mendengarkannya. Dan memang, rasa tenang, sejuk, terasa dengan aliran air ini.

Advertisements

About urbantrain
Capturing Jakarta city-Indonesia with my analog photo. Enjoy it.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: