9 Gereja – Jakarta (2)

Hari masih pagi, dan kami meneruskan perjalanan ke gereja berikutnya. Gereja Kristus Raja, di daerah Pejompongan, daerah Benhil, Bendungan Hilir. Ini adalah pertama kali saya ke gereja ini. Sehingga posisi persis gereja belum terlalu tahu persis. Dan setelah kesasar beberapa kali, beberapa kali bertanya, sampailah juga.

Gereja ini kecil, hanya mungkin muat sekitar 200-300 umat sekali misa (perkiraan saja). Berada di tengah2 perumahan kelas menengah, yang bersih, rapi dan tertata. Jadi meskipun kecil, suasana nyaman masih bisa saya rasakan. Kalo saya amati, bangunan gereja ini masih berupa bangunan lama. Sedangkan bangunan pendukung di sekitarnya, lebih baru daripada bangunan gereja yang utama. Mungkin seperti gereja2 yang lainnya, untuk mendapatkan ijin pembangunan musti berputar-putar di masalah perijinan yang terkenal sulit. Berkebalikan dengan itu, pertumbuhan umat semakin cepat, dan harus segera di tanggapi dengan perluasan lahan yang mencukupi. Inilah salah satu dilema yang di hadapi oleh gereja di Indonesia.

Saat kami datang, gereja masih berlangsung misa. Sedangkan gua Maria ternyata berada di dalam gedung gereja. Maka kami menunggu. Duduk di dalam gedung yang berada tepat di depan gedung gereja utama. Gedung ini ternyata adalah ruangan serba guna. Salah satunya adalah sebagai toko gereja dan koperasi. Di dinding, saya lihat foto beberapa Romo yang pernah bertugas di Paroki/gereja ini. Salah satu Romo itu saya kenal, meskipun mungkin dia sudah tidak mengenal saya. Tidak lebih dari 10 menit kami menunggu, hingga Misa selesai. Kami masuk, menuju ke gua Maria.

Mungkin bisa di lihat dari foto2 bagaimana suasana di dalam gereja. Dan memang gereja ini kecil. Gua Maria tepat berada di pojok ruangan. Umat berkumpul di sekitarnya untuk menghunjukkan doa-doa pribadinya. Baik orang2 tua, dewasa, dan anak2, menghadap Bunda Maria, dengan lilin2 berwarna kuning yang terbakar pas tepat di depan gua. Tidak jauh, foto besar Yesus tergantung di rusuk2 kayu yang menjadi penopang gedung. Diperlihatkan kebesaran Yesus, diantara para Malaikat yang menyembahNya.

About urbantrain
Capturing Jakarta city-Indonesia with my analog photo. Enjoy it.

Leave a Reply

