Perempatan Senen – Jakarta

Suasana perempatan Senen – Jakarta. Titik pertemuan yang begitu ramai, bising, dan padat, dari kendaraan yang melaluinya. Pertemuan arus dari Cempaka Putih, Matraman, Tugu Tani, dan arus Ancol, tumplek bleg di titik pertemuan ini. Traffik yang padat ini sedikit terselamatkan berkat adanya jembatan fly-over, yang menghubungkan arus Matraman dan Ancol. Sehingga pengguna yang ingin lurus saja ke Matraman atau sebaliknya ke Ancol, tidak usah memakai jalan di bawah dan menunggu lampu merah perempatan Senen ini. Tetapi langsung lewat fly-over di atas.

Dahulu sebelum di bersihkan, area perempatan ini sangat penuh dengan lapak2 pedagang kaki lima. Kebanyakkan adalah penjual VCD/DVD bajakan dan penjual pakaian. Sehingga bisa di bayangkan bagaimana ruwetnya jalanan. Antara lapak, pejalan kaki, dan pengguna kendaraan tercampur baur dalam kepadatan perempatan ini. Kemudian area ini berangsur di bersihkan. Di tambah dengan di bangunnya shelter busway, penertiban dan pembersihan area ini berlangsung.

Salah satu yang unik di perempatan ini, bisa di lihat di foto bawah, adalah masih bertahannya gedung bioskop kecil tepat di pojok perempatan. Lihat spanduk2 filmnya, yang memberikan informasi film apa saja yang sedang di putar. Ini salah satu bioskop kecil di Jakarta non group 21 yang masih bertahan. Banyak sekali yang sudah berguguran, seiring dengan perkembangan zaman, yang membutuhkan pembaharuan dari sisi layanan, infrastruktur fisiknya, dan content film di dalamnya. Yang pasti, berbeda dengan bioskop besar, bioskop2 kecil ini menghidangkan sebagian besar film2nya bertema horror dan berbumbu sex. Yang belum tentu dapat di putar di bioskop2 besar misal di group 21.

Advertisements

About urbantrain
Capturing Jakarta city-Indonesia with my analog photo. Enjoy it.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: