Ruang-ruang Rasuna Said Kuningan

Ini adalah pemandangan di belakang kantor kami di daerah Kuningan Rasuna Said. Gedung2 yang berada di view landscape ini merupakan perkantoran, ruko dan apartment yang berada dalam satu area luas. Gedung2 baru yang berusia kurang dari 10 tahun, yang akhirnya terbangun setelah krisis ekonomi melanda Indonesia di sekitar awal tahun 2000. Dan pembangunan ini masih berjalan. Beberapa blok masih terlihat pekerja2 yang terus melakukan aktivitasnya. Alat2 berat masih terlihat di area pembangunan. Beserta truk2 pengangkut material terkadang terlihat modar-mandir mengangkut beban berat.

(This is the view behind our office in Rasuna Said Kuningan area. The building that view of this landscape is an office, shop and apartment located in a broad area. New bulding ages is younger than 10 years, who finally woke up after the economic crisis hit Indonesia in around early 2000. And this development is still ongoing. Some blocks are still visible of the worker who continue their activities. Some heavy equipment is still visible in the area of development. Truck carried material is sometimes seen and forth carrying heavy loads.)

Beberapa area yang masih kosong, berupa lahan2 luas yang tertutup dengan tembok pembatas dan tanaman rumput liar yg hidup di atas tanahnya. Jalan besar sebagai arteri untuk menghubungkan lahan satu dengan lahan lainnya, terlihat kotor dengan tumpukan sampah di samping kiri dan kanan. Beberapa saat tumpukan ini di penuhi oleh para pemulung, kemudian hilang saat truk2 pengangkut membawanya ke pembuangan yang lebih besar di luar kota.

(Some areas are still empty, a vast area still close by wall and covered with wild grass living on its land. the artery road that connect from the land with other land one, looks dirty with piles of garbage on the left and right side. Sometime this pile was filled by the scavengers, then lost when the carrier took it into greater area disposal outside the city.)

Apabila kita amati, jalan arteri sbg ruang2 kosong ini seakan tidak tertata dengan baik. Ruang2 yang tidak memberikan aspek komersiil, akan di abaikan sehingga terlantar dari penataan yang seharusnya bisa lebih baik. Hanya akses2 yang memang, mendukung potensi bisnis di sana akan di pelihara sehingga memberikan kesan baik,terlihat enak di pandang, dan memberikan kenyamanan tersendiri bagi manusia di dalamnya. Tetapi apabila tidak ada komitmen bersama untuk tetap menjaga area2 kosong ini, kondisinya pasti akan amburadul.

Terlihat bahwa sampah berceceran di mana-mana. Bau menyengat yang terkadang timbul bila air hujan merembes dan membuat bahan2 sampah ini membusuk. Pemandangan menjadi begitu tidak menyenangkan. Tetapi lain apabila hal ini dapat di berikan sentuhan untuk peliharaan dan penataan menjadi kawasan yang lebih baik. Misal mungkin penataan trotoar bagi pejalan kaki. Spot2 taman di titik yang memungkinkan, beserta penghijauan di sekitar jalan ini. Tempat duduk bagi para pejalan, dsb. Ruang2 yang lebih manusiawi akan terbangun. Manusia akan nyaman untuk mungkin sekedar jalan, atau sambil lalu melihat dari atas motor mobilnya.

Hal ini akan bisa memberikan keluasaan bagi para pegawai2 yang berada di sekitarnya dapat memanfaatkannya untuk melepaskan penat, beristirahat, atau sekadar berkumpul di area2 kosong ini. Manfaat yang begitu besar kiranya yang dapat kita ambil, apabila ada komitmen bersama untuk membangunnya sebagai area publik yang lebih manusiawi. Mungkinkah itu ? Bukan pekerjaan yang sulit rasanya, apabila ada sedikit rasa empati dan terbangun kebersamaan di dalamnya. Hanya mungkin sayang. Di negara ini kondisinya akan menjadi sulit, tanpa dukungan analisis bisnis di sana. Tanpa itu, banyak hal akan di abaikan.

Advertisements

About urbantrain
Capturing Jakarta city-Indonesia with my analog photo. Enjoy it.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: