diantara gedung, sekitar Rasuna Said

Pemandangan disekitar kantor kami di Rasuna Said kuningan. Ini saya foto dari dalam gedung kantor, lewat menembus kaca. Pemandangan siang mendekati sore yang begitu indah. Dimana antara gedung2 tinggi, area2 kosong, manusia2 yang tampak kecil, terjadi sebuah harmoni diantara mereka. Pepohonan hijau menghiasi sela2 gedung, memberikan keasrian di dalamnya.

Dan Jakarta semakin padat. Pembangunan di genjot untuk mendapatkan hasil maksimal dari perolehan kapital yang semakin tinggi dan tinggi. Gedung2 baru di bangun, di tanah2 yang masih kosong. Ruang2 menjadi ruang dalam batas tembok yang terasa sempit. Ruang2 bermain menjadi ruang bermain dalam gedung, terbatas, yg diapit oleh tembok. Ruang interaksi dengan alam dan manusia sendiri semakin sempit dan hilang. Area publik yang dulu dapat dinikmati tanpa harus bayar, sekarang berbayar. Segalanya di ubah dalam termin ekonomi, bisnis, menguntungkan atau tidak menguntungkan, dan yang pasti mengeruk keuntungan sebesar-besarnya.

Tetapi dalam gelanyut pesimisme yang dalam akan wajah kota Jakarta ini, kita musti mengibarkan kembali bendera optimisme. Kita lihat bahwa jalan2 protokol sekarang mulai tampak rapi dan bersih. Meskipun kesadaran masyarakat pada sampah masih rendah, kampanye untuk hidup bersih dan sehat ini harus terus dan terus di gaungkan. Misal penyediaan tempat2 sampah di ruang2 publik dan meningkatkan kesadaran akan tanggung jawab membuang sampah. Tranportasi telah berbenah, dengan mengopreasikan busway, dan pembaharuan beberapa sarana angkutan yang uzur. Pemeliharaan taman2 kota, dan jalur2 hijau di tengah kota. dll.

Wajah kota yang sungguh manusiawi, akan selalu menjadi impian yang kelak akan pasti tercapai untuk Jakarta.

Advertisements

About urbantrain
Capturing Jakarta city-Indonesia with my analog photo. Enjoy it.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: